klik aja

Senin, 18 Februari 2013

MANCHESTER UNITED’S MAGIC NUMBER 7 PLAYERS

Sejarah Penggunaan Nomor Punggung


Para pecinta atau pun fans sepakbola pasti akan lebih tau dan kenal dengan pemain idolanya hanya dari nomor punggung yang digunakan si pemain. Sejarah penggunaan nomor punggung di kaos tim sepakbola baru mulai dilakukan pada 25 Agustus 1928. Ketika itu Arsenal dan Chelsea yang bertanding melawan The Wednesday (kini dikenal dengan Sheffield Wednesday) dan Swansea Town menomorkan kaos pemainnya.  Sebelum ada aturan baku soal penomoran kaos tim, seorang pemain bisa bebas memakai  nomor punggung yang berlainan dalam 1 musim.
Dulu penomoran ini dilakukan sesuai posisi pemain, dari kiper sampai ke penyerang starting eleven adalah nomor 1 s/d 11. Setelah adanya aturan pergantian pemain pada tahun 1965, pemain cadangan menggunakan nomor 12, kecuali nomor 13, karena takhyul kesialan, pemain pengganti kedua langsung memakai kaos nomor 14 sampai seterusnya. Penggunaan nomor punggung secara pasti dalam tim diperkenalkan pada Piala Dunia 1954. Setiap Negara peserta harus mendaftarkan 22 pemainnya yang telah diberi nomor punggung tertentu dan sama selama turnamen berlangsung.
Di masa kini, penggunaan nomor punggung tidak lagi ditentukan oleh posisi pemain atau pun pemain starting eleven atau cadangan. Setiap pemain memiliki nomor punggung pilihannya sendiri. Kiper tidak lagi identik dengan nomor 1, bebas menggunakan nomor pilihannya. Namun ini hanya berlaku untuk di level klub. Untuk turnamen seperti Piala Dunia setiap pemain dari negara peserta sudah harus menggunakan nomor punggung 1 s/d 23 sesuai ketentuan FIFA.
Manchester United’s Magic Number 7 Players
Bagi sebagian pemain nomor punggung memiliki arti tersendiri dan memiliki daya “magis” tertentu. Ketika Pele menggunakan nomor punggung 10 di Piala Dunia 1954 seakan tercipta sebuah opini bahwa pemain dengan nomor punggung 10 adalah pemain istimewa, memiliki skill tinggi dan paling top di antara pemain lainnya. Ini kembali dikuatkan oleh Maradona yang menggunakan nomor punggung 10 di Piala Dunia 1978. Oleh karena itulah, selama waktu cukup lama pemain-pemain sepakbola berebut mendapatkan nomor punggung “keramat” itu. Namun tak jarang, nomor itu juga memberikan beban tersendiri untuk si pemain.
Jika itu dipercayai oleh sebagian besar pemain sepakbola, di Manchester United justru memiliki nomor punggung “keramat”nya sendiri. Bukan nomor 10, melainkan nomor 7. Ya…beberapa pemain kunci Manchester United yang memiliki skill tinggi, tehnik mumpuni dan istimewa mendapatkan kehormatan menggunakan nomor punggung 7. Berikut ini adalah 5 orang pemain yang pernah memakai nomor punggung 7 di Manchester United yang paling menonjol.
GEORGE BEST, THE IRISH WIZARD
George Best adalah pemain Manchester United pertama yang menggunakan nomor 7. George Best lahir di Belfast, Irlandia Utara, 22 Mei 1946. Best memulai karirnya bersama tim junior Manchester United tahun 1961-1963. Di tahun berikutnya Best terpilih masuk ke tim senior Manchester United. Bersama tim senior Manchester United, Best bermain dari tahun 1963-1974. Selama tim senior Best bermain sebanyak 361 kali dengan 138 gol. Total secara keseluruhan, Best tampil sebanyak 470 kali dan mencetak 179 gol di semua turnamen yang diikuti oleh Manchester United. Semasa jayanya, Best terkenal dengan gaya hidupnya yang glamor dan flamboyan.

Image
George Best, pemain Manchester United pertama yang menggunakan nomor punggung 7

Best terkenal dengan kelincahan dan kecepatannya menyisir sisi sayap dan berperan sebagai attacking midfielder. Semasa karir profesionalnya Best memperkuat sejumlah klub, antara lain: Manchester United, Dunstable Town, Stockport County, Cork Celtic, Los Angeles Aztecs, Fulham, Fort Lauderdale Strikers, Hibernian, San Jose Earthquakes, Bournemouth, Brisbane Lions, dan Tobermore United. Di usia senjanya Best berulang kali menjalani rehabilitasi akibat kecanduan alkohol. Kehidupan pribadi dan rumah tangganya pun hancur. Bahkan terlilit hutang. George Best wafat pada 25 November 2005 di London akibat komplikasi dari efek samping penggunaan obat untuk penyembuhan transplantasi liver. Beberapa hari sebelum wafat, George Best sempat berpesan kepada seluruh orang agar jangan meninggal dunia seperti dirinya.
BRYAN ROBSON, UNITED’S CAPTAIN MARVEL
Lahir di Chester-le-Street, Inggris pada 11 Januari 1957. Robson memulai karir sepakbolanya di klub West Bromwich Albion pada tahun 1972. Tahun 1974 Robson terpilih masuk ke tim senior West Bromwich Albion. Robson bermain selama 6 musim bersama WBA dengan rekor 198 kali dan 40 gol. Robson pindah ke Inggris untuk rekor transfer Inggris sebesar £ 1,5 juta pada 1 Oktober 1981 dan menandatangani kontrak di lapangan Old Trafford dua hari kemudian. Rekor ini bertahan selama 6 tahun sebelum Liverpool membayar £ 1,9 juta untuk striker Newcastle Peter Beardsley pada musim panas 1987. Robson membuat debut untuk Manchester United pada tanggal 7 Oktober 1981 di kekalahan 0-1 di kandang Tottenham Hotspur dalam debut Piala Liga. Debut  untuk klub barunya di Liga Inggris dilakukan 3 hari kemudian, dengan bermain imbang tanpa gol melawan Manchester City di Maine Road. Ini adalah penampilan pertamanya bersama Manchester United dengan kaos bernomor punggung 7. Robson mencetak gol pertamanya untuk United pada tanggal 7 November 1981 di kemenangan 5-1 atas Sunderland di Roker Park. Dia mengakhiri musim pertamanya di United dengan 32 permainan dan 5 gol.

Image
Bryan Robson, Red Devils Captain Marvel
Robson terkenal sangat santun di lapangan. Kemampuannya menjadi playmaker tim tak diragukan lagi. Bermain di posisi midfielder, Robson menjadi sosok sentral di United. Kepemimpinannya pun sangat baik. Hanya saja Robson termasuk pemain yang rentan cedera. Berkali-kali Robson harus absen lantaran cedera. Robson menjadi kapten Manchester United dari tahun 1982 hingga 1994 yang kemudian menjadi rekor kapten tim terlama sepanjang sejarah Manchester United. Robson mendapat julukan “Captain Marvel” dari supporter United selama menjadi kapten tim. Selama 13 musim bersama Manchester United sejak tahun 1981-1994, Robson bermain sebanyak 461 kali dan mencetak 99 gol di semua ajang yang diikuti oleh Manchester United.
Lepas dari Manchester United, Robson di rekrut oleh Middlesbrough. Disana Robson sempat berperan ganda sebagai pemain sekaligus pelatih dari tahun 1994 hingga 1996. Baru setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 1997, Robson total berkarir sebagai Manager Pelatih di Middlesbrough hingga tahun 2001. Karir kepelatihan Robson dilanjutkan ke Bradford City (2003-2004), West Bromwich Albion (2004-2006) dan Shefield United (2007-2008).   Kini, sejak 2009 Robson menangani tim nasional Thailand.
ERIC CANTONA, MANCHESTER UNITED’S KING
Mungkin Eric “The King” Cantona adalah kapten United yang cukup fenomenal. Terlahir dengan nama lengkap Eric Daniel Pierre Cantona pada tanggal 24 Mei 1966 di Marseille, Perancis. Dia bermain untuk Auxerre, Martigues, Marseille, Bordeaux, Montepellier, Nimes, dan Leeds United sebelum bergabung dengan Manchester United. Eric “King” Cantona bermain untuk MU dari tahun 1992 sampai 1997. Bersama United, Cantona  memenangkan 4 gelar Liga Primer, 2 Piala FA dan 2 Piala Liga. Cantona membuat penampilan pertamanya untuk Manchester United dalam pertandingan persahabatan melawan Benfica di Lisbon. Pada musim pertama Cantona di Old Trafford, United memenangkan Liga Premier perdana.

Image
United’s King
Sebuah cerita unik pernah terjadi melibatkan Cantona sepanjang karirnya bersama United. Cantona yang dikenal berperangai “pemain bengal” sempat terkena kasus “Tendangan Kungfu”. Ceritanya saat Manchester United bertandang ke Crystal Palace pada Januari 1995. Saat itu Cantona terkena hukuman kartu merah setelah mentackling Richard Shaw. Ketika berjalan menuju ruang ganti, supporter tuan rumah, Matthew Simmons, mencaci maki Cantona. Spontan Cantona langsung bereaksi dengan menendang Simmons sambil terbang. Tendangan itu mirip tendangan kungfu. Atas insiden itu, Cantona diganjar larangan bermain dari FA selama setengah musim. Pada tahun 2010, dalam sebuah wawancara di salah satu stasiun TV Amerika Serikat tak lama setelah Cantona diangkat menjadi Direktur Olahraga klub sepakbola Liga MLS, New York Cosmos, Cantona mengungkapkan bahwa insiden tendangan kungfunya dilakukan agar fans bahagia sekaligus memberikan pelajaran kepada penonton yang bersikap tak sopan saat menonton pertandingan sepakbola. Cantona juga menyatakan bahwa penonton seperti itu tidak diperbolehkan menonton pertandingan langsung.

Image
Insiden “Tendangan Kungfu” Cantona. Marah karena diejek oleh suporte Crystal Palace, Cantona bereaksi dengan “menghadiahkan” tendangan terbangnya ke Matthew Simmons
Cantona diangkat sebagai kapten United untuk musim 1996-97 menyusul kepergian Steve Bruce ke Birmingham city. Pada akhir musim 1997, ia mengumumkan bahwa ia pensiun dari dunia sepakbola pada usia 30. Penampilan terakhirnya sebelum pensiun adalah pada tanggal 16 Mei di laga testimonial untuk David Busst (pemain yang karirnya telah berakhir dengan cedera yang diderita melawan United setahun sebelumnya) melawan Coventry City di Highfield Road. Total Cantona mencatat 185 penampilan dan mencetak 82 gol bersama Manchester United.



DAVID BECKHAM, THE FREE KICK MASTER
 David Robert Joseph Beckham lahir di Leytonstone, London, 2 Mei 1975.  Adalah produk asli sekolah sepakbo milik Manchester United. Beckham terkenal mahir dalam umpan silang dan tendangan bebas melengkung, kemampuan yang mirip dengan mantan rekan setimnya di AC Milan, Andrea Pirlo yang juga mahir tendangan bebas. Istrinya adalah Victoria Beckham, mantan personel grup musik Spice Girls.
Di musim 1994/1995 David Beckham masuk ke skuad senior Manchester United, hal ini mendapat banyak kecaman karena pada saat itu usia David Beckham masih sangat muda. Tapi di akhir musim, Beckham membuktikan pilihan Alex Ferguson tepat dengan memenangi Premiership dan FA Cup. Di bulan Agustus 1996 David Beckham mencetak gol spektakuler ke gawang Wimbledon yang pada saat itu dikawal Neil Sullivan. Ia mencetak gol dari tengah lapangan. Dia melakukan debutnya untuk tim nasional Inggris pada tanggal 1 September 1996 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia menghadapi Moldova.
Pada Piala Dunia 1998, Beckham tidak bermain di dua pertadingan awal tetapi ia main ketika Inggris menghadapi Kolombia dan ia mencetak 1 gol di pertandingan itu. Di pertandingan melawan Argentina ia mendapat kartu merah setelah dianggap menendang Diego Simeone dengan sengaja. Pertandingan itu dimenangi Argentina melalui adu penalti. Publik Inggris menanggap kegagalan Inggris memenangkan Piala Dunia disebabkan Beckham. Bahkan suporter Manchester United juga menyalahkan Beckham. Beckham menjadi “pesakitan”, bahkan hingga diancam akan di bunuh. Belakangan Diego Simeone mengakui bahwa insidennya dengan Beckham adalah kesengajaannya untuk mencari pelanggaran.
Pada musim 1998/1999, Manchester United berhasil meraih tiga gelar: Premiership, FA Cup, dan Liga Champions. Bahkan gelar Liga Champions diraih dengan sangat spektakuler. Di pertandingan final Liga Champions, Manchester United tertinggal 0-1 sampai menit ke-89, di saat pendukung Bayern Muenchen sudah menggelar pesta, keajaiban terjadi. Teddy Sheringham setelah berhasil memanfaatkan umpan dari tendangan penjuru Beckham. Kurang lebih 30 detik setelah kick-off, Manchester United mendapat tendangan penjuru lagi. David Beckham mengambil tendangan penjuru itu dan umpannya berhasil dimanfaatkan Ole Gunnar Solskjær.

Image
David Beckham sang Free Kick Master yang pernah dimiliki oleh Manchester United

Beckham ditetapkan sebagai kapten Inggris pada tanggal 15 November 2000 dan ikut bermain di pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Termasuk ketika mengalahkan Jerman di Muenchen. Tahun 2002, Beckham menderita cedera patah tulang metatarsal akibat di tackling oleh Aldo Duscher dalam pertandingan lanjutan Liga Champions melawan Deportivo La Coruna. Akibat cederanya ini Beckham sempat di vonis absen hingga akhir musim termasuk tidak akan bisa mengikuti Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang. Publik Inggris kuatir, karena saat itu Beckham tengah berada dalam masa keemasannya. Namun akhirnya Beckham berhasil pulih dalam 3 bulan dan ikut ke Piala Dunia 2002.
Di Piala Dunia 2002, dia bermain di seluruh pertandingan. Dia juga mencetak gol ke gawang Argentina melalui tendangan penalti, sekaligus membalas dendamnya pada Argentina. Karena gol Beckham, Argentina tersingkir dari Piala Dunia 2002. Langkah Inggris terhenti di babak 8 besar setelah kalah 2-1 dari Brasil.
Pada musim 2002 hubungan Beckham dengan Sir Alex Ferguson memburuk setelah Ferguson marah ketika Manchester United kalah dari Arsenal. Di kamar ganti Ferguson menendang sepatu bola dan mengenai pelipis mata Beckham. Akibat insiden ini, pelipis Beckham harus mendapat 13 jahitan. Pada tanggal 12 Juni 2002 Beckham mendapat gelar OBE (Order of British Empire) dari Ratu Inggris.
Di awal musim 2003/2004 dia di jual ke Real Madrid dengan harga 35 Juta Euro. Di sana ia memakai kaus nomor 23, kaos nomor 7 ketika itu masih digunakan oleh ikon El Real, Raul Gonzales. Di Real Madrid Beckham dengan cepat menjadi idola para penggemar Real Madrid. Di Euro 2004 dia bermain di semua pertandingan, tapi dia selalu tampil mengecewakan dan ia gagal mengeksekusi penalti sebanyak 2 kali yaitu ketika menghadapi Prancis di penyisihan grup dan di babak 8 besar ketika menghadapi Portugal pada saat adu penalti.
Pada musim kedua dan ketiga, Beckham belum bisa memberi gelar ke Real Madrid, tapi ia masih menjadi pilihan utama. Dia juga membantu Inggris untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2012. Di musim keempatnya di Real Madrid Beckham mulai tersingkir akibat kedatangan pelatih Fabio Capello yang lebih suka menurunkan Jose Antonio Reyes daripada Beckham.
Pada 11 Januari 2007, Beckham menyetujui kontrak lima tahun yang ditawarkan klub Amerika Serikat LA Galaxy dan akan bergabung pada Agustus setelah kontraknya di Madrid berakhir. Karena kesabaran dan kemauannya yang selalu berusaha menampilkan yang terbaik, dia kembali dipasang sebagai starter setelah sempat “dibuang” oleh Capello. Bahkan pelatih Steve McClaren kembali memanggilnya untuk bergabung ke dalam skuad “The Three Lions”. Hingga saat ini Beckham masih bermain di LA Galaxy. Awal tahun 2012 lalu, ketika LA Galaxy tur pra musim ke Indonesia Beckham ikut serta dan bertanding melawan tim nasional Indonesia. Kendati sudah bukan muda lagi untuk pemain sepakbola, Beckham masih memiliki magnet bagi pecinta sepakbola. Terakhir, Beckham sempat menjadi duta Olimpiade London 2012 yang baru berakhir Agustus 2012 lalu. Beckham sudah terlibat sejak London mendaftarkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2012. Beckham juga sempat hampir bermain untuk tim nasional Inggris Raya pada Olimpiade 2012 lalu, dan dicalonkan sebagai kapten tim namun karena jumlah pemain senior telah terpenuhi, pelatih tim nasional Inggris Raya, Stuart Pearce tidak memanggilnya.
CRISTIANO RONALDO, MANCHESTER UNITED’S MOST EXPENSIVE PLAYER
Terlahir dengan nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985. Ronaldo bisa berposisi sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah. Saat ini ia bermain untuk klub Spanyol, Real Madrid. Sebelum bermain untuk Real Madrid, ia pernah bermain di Sporting Lisboa dan Manchester United. Pemain yang kerap bernomor punggung 7 di lapangan hijau ini juga akrab dengan sebutan CR7, gabungan dari inisial namanya dengan nomor punggungnya.
Ronaldo memulai karir sepakbolanya dengan bergabung di klub lokal Andorinha (1993—1995), Nacional (1995—1997), dan Sporting Lisboa (1997—2001) pada masa junior.
Ronaldo pernah bermain untuk Sporting Lisboa pada 2001—2003 dengan nomor punggung 28. Ia bermain 25 kali dan mencetak 3 gol. Pada pertengahan musim panas 2003, Sporting Lisboa mengadakan pertandingan persahabatan melawan Manchester United di Lisbon dengan skor akhir 3-1 untuk kemenangan Sporting Lisbon, sebuah kekalahan yang mengejutkan bagi sebuah klub raksasa Inggris sekaliber Manchester United. Lebih jauh lagi kemenangan ini semua didalangi oleh permainan cemerlang dari Cristiano Ronaldo muda dari Sporting Lisboa. Inilah yang membuat para pemain Manchester United mendesak Sir Alex Ferguson untuk segera merekrut pemain muda brilian tersebut.

Image
CR7, The Portuguese Magician

Dari apa yang terjadi sejak pertandingan persahabatan itu, Ronaldo pun didatangkan ke Manchester United dengan nilai transfer €12.24 juta Euro. Ronaldo juga menjadi pemain asal Portugal pertama yang bermain untuk Manchester United. Sebelum ia bermain, Sir Alex Ferguson bertanya pada Ronaldo angka berapa nomor punggung yang diharapkannya. Cristiano Ronaldo menjawab 28, karena itu adalah nomor favoritnya. Namun Sir Alex Ferguson malah berkata “tidak, mulai sekarang nomor punggungmu adalah 7, sama seperti yang digunakan oleh George Best, Bryan Robson, Eric Cantona dan David Beckham.” . Di Manchester United, penyandang nomor punggung 7 secara turun temurun adalah pemain legendaris yang membawa Manchester United ke puncak kejayaannya, dan Sir Alex Ferguson memberikan nomor punggung keramat itu sebagai wujud penghargaannya kepada talenta brilian yang dimilikinya.
Banyak yang meragukan keputusan Ferguson saat itu. Namun setelah melihat penampilan perdana Ronaldo melawan Bolton Wanderers di Liga Inggris, penonton pun percaya bahwa Ronaldo akan jadi pewaris nomor punggung 7 yang tepat. Saat itu Ronaldo memang tidak mencetak gol, namun seluruh supporter menjadi saksi mata keputusan brilian Ferguson yang memberikan nomor keramat Manchester United kepada seorang pemain muda. Ronaldo mencetak gol perdananya melalui tendangan bebas saat United menang 3-0 melawan Portsmouth.
Kelebihan Cristiano Ronaldo adalah kemampuan larinya yang cepat, teknik dribbling bolanya yang sangat tinggi serta akurasi tendangan bebasnya yang sangat baik. Ronaldo bisa bermain di beberapa posisi, bisa sebagai sayap kiri, sayap kanan atau penyerang tengah. Bahkan bisa menjadi seorang striker.
Selama 6 musim berbaju Setan Merah, Ronaldo berhasil membawa United memenangkan 3 kali juara Liga Inggris (2006-2007, 2007-2008 dan 2008-2009), 1 kali juara Piala FA (2003-2004), Piala Liga (2005-2006, 2008-2009), 1 kali juara Community Shield (2007), 1 kali juara iga Champions Eropa (2007-2008), 1 kali juara dunia antar klub (2008). Ia bermain sebanyak 196 kali dan mencetak 84 gol.
Pada 1 Juli 2009, ia pindah ke Real Madrid, klubnya saat ini, dengan memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta Poundsterling, yang menjadikannya sebagai pemain termahal dalam sejarah sepak bola. Hingga saat ini, Ronaldo telah bermain 81 kali dan mencetak 87 gol untuk Real Madrid. Pada musim La Liga 2010/2011, Ronaldo mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga dalam 1 musim, sejumlah 40 gol.  Saat ini Cristiano Ronaldo tengah dilanda kegalauan. Ronaldo mengekspresikannya dengan tidak merayakan 2 gol-nya ke gawang Granada 2 minggu lalu di La Liga. Publik menduga Ronaldo tidak kerasan di El Real. Terlebih sejak dirinya kalah bersaing dengan Andres Iniesta dalam pemilihan Balon d’Or 2012. Banyak pihak berspekulasi Ronaldo akan kembali ke Manchester United. Ronaldo secara tegas pernah mengatakan apabila ia kembali ke Inggris, ia akan kembali ke Manchester. Dan itu bukanlah Manchester City. Satu-satunya yang akan membuatnya kembali ke United adalah Sir Alex Ferguson. Sudah bukan rahasia lagi jika Ronaldo sangat menghormati Ferguson seperti ayahnya sendiri. Ketika transfernya berhasil ke Real Madrid, Ronaldo mengungkapkannya dengan memuji Ferguson yang telah sangat berjasa dalam membangun karirnya.
 Nah rasanya itulah 5 pemain bernomor punggung 7 di Manchester United yang paling menonjol. Musim lalu nomor 7 digunakan oleh Micheal Owen. Mantan pemain Liverpool dan Real Madrid ini gagal menunjukkan kemampuannya. Kontraknya di United tidak diperpanjang kembali musim 2012-2013. Owen akhirnya berlabuh di Stoke City dengan status transfer bebas. Musim 2012-2013 ini nomor punggung 7 digunakan oleh Antonio Valencia.

Image 
 
Antonio “AV7″ Valencia, pewaris nomor 7 musim 2012-2013
Winger asal Kolombia ini dianggap cukup bagus dan tampil konsisten sepanjang musim 2011-2012 lalu, karena itu Valencia dipercaya memakai nomor keramat United. Kita liat aja apakah Antonio Valencia mampu membuktikan dirinya pantas memakai nomor 7 di Manchester United.


1 komentar:

  1. nomor punggung 7 , nomor yang pernah di pakai pemain top Mancherster United. seperti Eric Cantona, CR7... mantap MU

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

twitter